YUDHARTA ANGKATAN 2011 Rafting West Java Cirata Trainer Mechinary

Selasa, 06 Agustus 2013

STRATEGI MEMULAI USAHA KULINER HOME INDUSTRY

Berikut ini beberapa faktor penting untuk mengembangkan bisnis kuliner skala rumah tangga.

Tentukan dan Pelajari Jenis Makanan atau Minuman yang akan dijual

Langkah awal memulai bisnis kuliner adalah menentukan jenis produk makanan atau minuman skala rumah tangga yang akan dipilih. Setelah itu, mempelajari karakteristiknya, dari keberadaan bahan baku, peralatan yang dibutuhkan, cara membuat, kegunaan, cara mengonsumsi, cara penyimpanan, hingga proses pendistribusian. Semua informasi dapat Anda peroleh dari literatur, pengalaman atau wawancara langsung dengan pembeli dan pedagang yang ada. Dengan mempelajari karakteristik produk yang akan dikembangkan, Anda bisa menghitung kebutuhan modal dan menentukan standar operasional pembuatan.

Kenali Target Pasar dan Segmentasi Calon Konsumen

Setelah Anda yakin dengan jenis produk yang akan dikembangkan, perlu ditentukan segmentasi pasar yang akan dibidik. Segmentasi adalah pembagian konsumen berdasarkan kriteria tertentu. Sigmentasi dimaksudkan untuk memudahkan Anda fokus dalam mengenali konsumen yang akan membeli produk yang dijual. Pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar secara ekonomi, yaitu segmen atas yang memiliki daya beli tinggi, segmen menengah dengan daya beli sedang, dan segmen bawah yang berkantong tipis. Namun, pengertian segmentasi tidak terbatas pada pembagian ekonomi saja, tetapi juga wilayah, misalnya daerah kota atau desa, berdasarkan usia (tua, muda, anak-anak), dan sebagainya. Masing-masing kelompok memiliki ciri dan kepentingan sendiri saat membeli produk.

Ciptakan produk yang khas (Positioning)

Positioning adalah persepsi atau image yang diciptakan agar produk yang dijual memiliki ciri tersendiri. Fungsi positioning adalah membuat produk yang Anda jual tidak mudah dilupakan konsumen di tengah ramainya pasar bisnis kuliner. Positioning juga harus didukung dengan perlengkapan (property) untuk “menancapkan” persepsi positif di benak konsumen. Kelebihan sebuah positioning suatu produk yaitu jika suatu produk telah “tertancap” di benak konsumen, maka akan selalu diingat dan menjadi referensi untuk memengaruhi konsumen lain untuk membeli.

Jadikan produk yang dijual seperti "SAPI UNGU" (Significant Different)

Bisnis di bidang kuliner tidak cukup hanya mengandalkan bahan baku terpilih, rasa enak, tempat strategis, harga murah, bersih, dan kemasan yang bagus. Semua factor tersebut sudah menjadi standar dalam bisnis kuliner. Anda perlu membuat strategi agar bisnis kuliner yang dilakukan memiliki perbedaan yang nyata berdasarkan positioning yang tepat. Untuk mendapatkan perbedaan yang nyata diperlukan pemahaman mengenali karakter bisnis tertentu dan kemampuan mengenali keinginan konsumen yang tidak tersirat. Perbedaan yang nyata tidak harus berasal dari komposisi bahan atau pelayanan, tetapi dengan memberikan sentuhan kecil yang membuat usaha Anda berbeda jelas di mata konsumen. Misalnya penjual yang lucu, nuansa etnik, atau jenis makanan yang dijual zaman dahulu.

Promosikan Produk yang akan dijual

Usaha rumahan bukan berarti tidak mengenal promosi. Promosi dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Manfaat promosi adalah memperkenalkan produk yang dijual. Dalam situasi persaingan yang ketat, promosi dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan produk.

Berikut ini beberapa promosi sederhana dan efektif yang dapat dilakukan pengusaha rumahan dengan modal kecil.

Sampling Terbatas
Sampling terbatas, yaitu member uji coba makanan atau minuman yang dijual kepada agen atau penjual agar mereka mengenal produk yang dijual. Dengan cara ini, penjual yang telah mencicipi dan mencoba akan menceritakan keunggulan produk yang Anda tawarkan kepada orang lain. Hal yang harus diperhatikan adalah mencari situasi yang tepat untuk memperkenalkan kepada konsumen.

Membuat Spanduk Produk
Pembuatan spanduk berfungsi untuk mempermudah konsumen membaca dan mengenal serta memudahkan pencarian alamat usaha Anda.

Menyabar Brosur dan Kartu Nama
Anda dapat membuat brosur sederhana yang berisi keunggulan produk, harga jual, kemasan, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi. Penyebaran brosur yang dilakukan harus tepat sasaran agar menghemat biaya. Misalnya, memberikan brosur tentang ayam siap saji kepada ibu-ibu arisan atau ibu-ibu yang sedang menunggu anak sekolah atau dalam aktivitas santai.

Aktif Mengikuti Berbagai Pameran
Pameran yang sedang diadakan pemerintah atau lembaga swasta dapat Anda jadikan sarana promosi agar produk yang dijual dikenal banyak orang. Lembaga yang sering mengadakan pameran, antara lain Departemen Perdagangan, pemerintahan kota, koperasi, atau lembaga swadaya lainnya.

Menjadi Anggota Kelompok Usaha Kecil
Menjadi anggota kelompok pengusaha kecil yang tersebar di seluruh kota dapat dijadikan sarana untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan pengusaha lain.

Memasang Iklan Mini di Koran & Blog
Memasang iklan mini pada koran merupakan salah satu media promosi yang sangat terjangkau bagi pengusaha kecil untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar